• header
  • header
  • smk

Selamat Datang di Website SMK PEMKAB PONOROGO | Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK PEMKAB PONOROGO

NPSN : 20510096

Jl. Niken Gandhini Setono Jenangan Kotak Pos 101/02 Ponorogo 63401


stmpemkab.ponorogo@yahoo.co.id

TLP : 0352461238


          

Banner

Jajak Pendapat

No Poles setup.

Statistik


Total Hits : 103619
Pengunjung : 23607
Hari ini : 13
Hits hari ini : 27
Member Online : 0
IP : 54.92.194.75
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pengaruh Handphone bagi Pelajar




Oleh: Zainurdin, S.Pd

Era globalisasi adalah zaman kemajuan teknologi. Namun majunya teknologi ini tidak hanya memberi dampak positif, tetapi juga negatif. Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah handphone alias HP. Dengan adanya hp kita dapat berkomunikasi dengan kerabat atau teman yang jauh.tapi hp sekarang sudah di salah gunakan atau di artikan oleh para remaja khususnya para pelajar yaitu untuk melihat hal-hal yang tidak semestinya dilihat apalagi mereka sebagai pelajar. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di ponselnya. Belum lagi, handphone juga digunakan untuk tukar-menukar jawaban ujian.

Dampak positifnya adalah: mempermudah berkomunikasi, menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi, memperluas jaringan persahabatan. Dampak negatifnya adalah:

Mengganggu Perkembangan Anak

Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti: kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, SMS, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk menyontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

Efek radiasi yang berlebihan dari ponsel dan menara BTS

Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

Dampak buruk ponsel dan menara BTS terhadap kesehatan, sebagaimana pernah dilansir http://koranbaru.com di antaranya: Risiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400 persen, membahayakan kesuburan pria, perubahan pada DNA manusia dan membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, frekuensi radio pada ponsel juga mempengaruhi kinerja alat-alat penunjang kehidupan (live saving gadget) seperti alat pacu jantung, dan meningkatka homon stres kortisol yang membahayakan kesehatan. Medan elektromagnet di sekitar menara BTS juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, burung dan lebah menjadi sering mengalami disorientasi atau kehilangan arah. Dan masih banyak dampak negatif dari penggunaan ponsel.

Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.

Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.

Pemborosan

Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.

Menciptakan lingkungan pergaulan sosial yang tidak sehat.

Ada keluarga yang tidak mampu, tetapi karena pergaulan di mana teman-temannya sudah dibelikan HP sehingga mereka merengek-rengek kepada orang tuanya padahal orang tuanya tidak mampu, atau bahkan menimbulkan gap antara gank HP keren dan gank HP jadul atau yang belum memiliki.

Membentuk sifat hedonisme pada anak.

Ketika keluar gadget terbaru yang lebih canggih, mereka pun merengek-rengek meminta kepada orang tua, padahal mereka sebenarnya belum memahami benar manfaat setiap fitur-fitur baru secara menyeluruh.

Anak kita akan sulit diawasi, khususnya ketika masa-masa pubertas, di saat sudah muncul rasa ketertarikan dengan teman cowok/ceweknya, maka HP menjadi sarana ampuh bagi mereka untuk komunikasi, tetapi komunikasi yang tidak baik, hal ini akan mengganggu aktivitas yang seharusnya mereka lakukan, shalat, makan, belajar bahkan tidur !! Karena mereka asyik sms-smsan dengan teman lawan jenisnya.

Oleh karena itu, bagi para siswa untuk berpikir berkali-kali dalam penggunaan hand phone, timbang dulu manfaat dan mudharatnya. Sekian. Semoga bermanfaat.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas